Spiga

GANTI KANTONG PLASTIK ANDA !!

Dalam setahun, sekitar 1 trilyun kantong plastik digunakan oleh penduduk dunia. Ini berarti setiap menitnya ada sekitar 2 juta kantong plastik yang dibuang atau setiap orang menggunakan sekitar 170 kantong plastik tiap tahun. Padahal untuk memproduksi plastik, setiap tahunnya diperlukan 12 juta barel minyak dan 14 juta batang pohon yang mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Dibutuhkan waktu 1000 tahun agar plastik terurai dalam tanah. Dengan mengubah kebiasaan menggunakan kantong plastik dan mengantinya dengan kantong degradable, maka anda telah berkontribusi dalam mengurangi dampak perubahan iklim

Kantong Plastik Dilarang di Toko-toko Los Angeles

Rita Uli Hutapea – detikNews
Los Angeles – Pemerintah kota Los Angeles, AS, akan melarang semua kantung plastik dari toko-toko mulai 1 Juli 2010. Pengumuman ini disampaikan menyusul aturan anti-polusi serupa yang telah diberlakukan di kota AS lainnya, San Francisco.

Mulai 1 Juli 2010 mendatang, semua pembeli di toko-toko harus menyediakan tas mereka sendiri untuk barang belanjaan. Atau mereka bisa membeli kantong yang terbuat dari kertas atau bahan-bahan lain yang bisa didaur ulang dari toko tersebut.

Demikian pengumuman Dewan Kota Los Angeles dalam aturan baru yang akan diberlakukan di kota terbesar kedua di AS setelah New York itu seperti diberitakan AFP, Rabu (23/7/2008). Los Angeles berpenduduk sekitar 4 juta jiwa.

Larangan kantung plastik ini dimaksudkan untuk mengatasi masalah 2,3 miliar kantong plastik yang tersebar setiap tahun. Kantong plastik itu telah mengotori tempat-tempat pembuangan sampah untuk waktu yang lama.

San Francisco, 600 kilometer sebelah utara Los Angeles pada tahun 2007 menjadi kota pertama di AS yang menerapkan larangan kantong plastik dari toko-toko. San Francisco dan Los Angeles sama-sama terletak di negara bagian California.

Aturan kedua kota itu dimaksudkan untuk mendesak para pembuat hukum di California yang sedang mempertimbangkan RUU untuk menghapuskan kantong plastik di seluruh negara bagian tersebut mulai 2012 mendatang.

Beberapa negara di dunia juga telah mengadopsi larangan kantong plastik.(ita/ana)

0 comments: